KPU Papua Diminta 9 Cabup/Cawabup Diputuskan Pada 12 Februari

KPU Papua Diminta 9 Cabup/Cawabup Diputuskan Pada 12 Februari

LODRKOU.COM, JAYAPURA – Bakal Calon Bupati Kabupaten Paniai, Yohanes Youw, S.Ag, M.Hum, menyesalkan sikap KPU Kabupaten Paniai.
Pasalnya, KPU Paniai telah menyatakan 9 pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Paniai lolos syarat calon dan syarat pencalonan. Selanjutnya KPU Paniai meminta 9 pasangan bakal calon tersebut mengikuti pemeriksaan kesehatan di Jayapura. Namun saat di Jayapura KPU Paniai menetapkan ulang pasangan yang lolos verifikasi dan yang tidak lolos verifikasi.
“Harusnya saat du Paniai, KPU langsung memutuskan pasangan calon yang lolos syarat calon dan syarat pencalonan dan yang tidak lolos,” ungkapnya kepada Lodarkou bertemu Ketua KPU Provinsi Papua di Kantor KPU Provinsi Papua.
Dengan mempertimbangkan kondisi suhu politik yang kian memanas di Paniai, maka dirinya meminta kepada Ketua KPU Provinsi Papua agar biarlah semua tahapan diawal ini diikuti oleh semua bakal calon bupati/wakil bupati, dan baru diputuskan pasangan calon yang dinyatakan berhak maju ke tahap berikutnya dengan ditetapkan sebagai calon bupati/wakil bupati pada 12 Februari 2018 mendatang, dan tentunya hasil keputusan KPU tersebut pasti diterima semua pihak, termasuk pihaknya.
“Permintaan Kami sudah dipenuhi oleh KPU Provinsin Papua dengan membatalkan surat keputusan pasangan bakal calon yang lolos yang dikeluarkan oleh KPU Paniai. Ini demi mengakomodir kepentingan di daerah supaya tidak terjadi konflik,” jelasnya.
“Tindakan yang awalnya dilakukan KPU Paniai tersebut jelas menimbulkan kerugian bagi masyarakat, karena bisa saja terjadi konflik. Masyarakat mengharapkan Pilkada berjalan dengan damai, bukan dengan konflik,” sambungnya.
Soal Partai Politik (Parpol) pengusung, dirinya dan pasangannya Melkias Muyapa didukung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Gerindra serta PBB.
“Siapa yang menang itu Tuhan yang tahu,” ujarnya.
Terkait dengan itu, dirinya mengharapkan kepada semua media massa supaya dalam pemberitaannya mengedepankan konfirmasi dan mengecek kebenaran informasi sebelum diberitakan, terutama perihal dukungan partai politik kepada para bakal calon, supaya tidak merugikan pihak lain.(Lan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons