DPRP Yakini Dengan BUMK Dana Desa Bisa Dikelola Dengan Baik

DPRP Yakini Dengan BUMK Dana Desa Bisa Dikelola Dengan Baik

LODARKOU.COM, JAYAPURA – Anggota DPRP dari kursi adat, Yonas Nusi, mengatakan, guna memandirikan dan mensejahterakan rakyat Papua, maka dengan dikucurkannya dana desa ke kampung-kampung di Papua perlu dimanfaatkan dengan optimal, sebab sudah pasti setiap tahun anggaran sangat besar dana desa diterima masyarakat kampung.

Sebab itu, demi penggunaan anggaran itu dengan baik, sebaiknya pengelolaandana desa dikelola dalam Badan Usaha Milik Kampung (BUMK). Hal ini juga amanat dari UU No 6 Tahun 2014 tentang desa.

“Dengan BUMK ini pemanfaatan dana desa itu bisa digunakan secara professional,” ungkapnya kepada Lodarkou di Kantor DPRP Papua, Selasa, (16/1).

BUMK ini pasti membawa dampak postif lainnya, karena menyerap tenaga kerja khususnya para pemuda baik di kampung dan perkotaan. Hal ini dengan sendirinya mengurangi angka pengangguran saat ini.

“Dengan BUMK ini, sumber daya alam) yang ada di kampung dikelola dan hasilnya ada pendapatan ekonomi keluarga dan adanya kebangkitan ekonomi kampung,” ujarnya.

Dengan sistim BUMK ini, masyarakat Papua bangkit dari keterpurukan, bangkit keterbelakangan, bangkit dari kemiskinan, dan menjadi masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera di segala aspek kehidupan. Ini yang harus dilihat serius oleh pemerintah dalam rangka mendorong dibentuknya BUMK ini.

“Jika dana ini tidak dikelola secara professional dalam BUMK dan hanya dikelola aparat pemerintahan kampung kemungkinan besarnya ada penyalagunaan dana kampung tersebut oleh aparat kampung,” jelasnya.
Menurutnya, jIka ada BUMK ini, pasti ada pelaporan setiap saat dan selalu ada pengawasan yang ketat, dan posisi kepala kampung hanya sebagai kepala kampung saja, supaya tidak salah menggunakan jabatanya terhadap penggunaan dana kampung ini.(Lan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons