Sistim Noken Masih Berlaku

Sistim Noken Masih Berlaku
Izack Hikoyabi

LODARKOU.COM, JAYAPURA – Komisioner KPU Provinsi Papua, Izack Hikoyabi, mengatakan, sistem pemilihan Noken, masih berlaku diberlakukan dalam Pilgub Papua Tahun 2018 ini.
Namun, mengenai tata cara mekanisme pemilihan atau pencoblosan sistem Noken lebih diperketa dibanding dengan Pilgub sebelumnya.
“Kini kami lebih diperketat mengenai cara dan sistem pemilihannya,” ungkapnya saat dihubungi Lodarkou, Sabtu, (6/1).
Untuk itu, kini KPU Papua sedang menyusun modul mengenai tata cara pemilihan Noken ini tersebut, yang dipastikan dalam waktu dekat modul tersebut sudah diberikan ke beberapa kabupaten yang melaksanakan pemilihan sistem Noken itu.
“Kita tahu bahwa di wilayah Pegunungan Tengah sebagian wilayahnya menggunakan sistem pemilihan dengan cara Noken,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, dirinya meminta kepada masyarakat, Paslon, Parpol atau gabungan Parpol untuk tidak boleh lakukan black kampanye, tidak boleh melakukan money politik atau tindakan lainnya yang bertentangan dengan aturan pemilu.

“KPU Papua menginginkan demokrasi berjalan penuh damai dan kasih. Artinya Pilgub tidak ada manipulasi dan kecurangan, Pilgub tidak diwarnai dengan intimidasi, dan terutama Pilgub tidak terdapat money politik itu,” tandasnya.
Sebab itu, pihaknya meminta kepada semua pihak untuk awasi Pilgub Tahun 2018 ini, karena dikuatirkan jangan sampai ada oknum tertentu yang memanfaatkan penyelenggara ditingkat bawah demi kepentingan calon mereka.

Disampaikannya, jika dalam penyelenggaraan nantinya pihaknya menemukan ada penyelenggara tingkat bawah yang bermain kotor maka pihaknya tidak segan-segan untuk memproses pidanakan oknum tersebut, sekaligus memberhentikan yang bersangkutan.(Dom)
Setelah penutupan pendaftaran pada 10 Januari 2018, KPU akan menyerahkan dokumen pencalonan Paslon ke MRP melalui DPRP untuk memverifikasi keaslian orang asli Papua para Paslon, dan waktu yang diberikan selama 14 hari kerja.(Lan/Tin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons