Bantuan Jokowi di Salurkan Bagi Mama-Mama Papua

Bantuan Jokowi di Salurkan Bagi Mama-Mama Papua
Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Mikro LMA Papua, Wati Kogoya saat menyerahkan bantuan pemberdayaan ekonomi bagi Koperasi Perempuan Asli Papua

JAYAPURA, Lodarkou – Salah satu kebijakan program Presiden Jokowi bagi Mama-Mama Papua dalam pemberdayaan ekonomi mikro, akhirnya direalisasikan bagi-bagi Mama-Mama Papua. Bantuan pertama diberikan bagi 1000 lebih Mama-Mama Papua yang bernaung dibawa Koperasi Perempuan Asli Papua. Program bantuan itu diserahkan lewat Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Mikro LMA Papua, Wati Kogoya saat mewakili Staf Khusus Presiden Jokowi, Lenis Kogoya dalam menyerahkan bantuan kepada Mama-Mama Papua, kepada Lodarkou di kediamannya, Rabu, (25/10).

Untuk mendapatkan program tersebut, Mama-Mama Papua, cukup mengumpulkan KK dan KTP, sebab selain untuk mengetahui mereka yang menerima bantuan, tetapi juga program ‘Rumah Pangan Kita’ tersebut dikhususkan untuk menghidupi perekonomian Mama-Mama Papua.

Alasannya bahwa Mama-Mama Papua merupakan salah satu pelaku ekonomi mikro yang selama ini terabaikan dalam kegiatan perekonomian, padahal kegiatan ekonomi Mama-Mama Papua ini juga bagian dari menopang pendapatan keluarga mereka yang notabenenya kerja keras para Mama-Mama Papua ini digunakan untuk menyekolahkan anak mereka dan kebutuhan lain keluarganya.

“Kita ketahui bahwa Mama-Mama itu mengurusi semua kebutuhan keluarga dan jaminan hidup keluarga itu ada di Mama, maka Presiden Jokowi melihat itu sehingga program itu turun langsung ke Mama-Mama Papua dan di seluruh Indonesia,” bebernya.

Harapan Presiden Jokowi agar hadirnya program ini, Mama-Mama Papua (dan di seluruh Indonesia) dapat terangkat perekonomian keluarga mereka menjadi lebih baik. Disamping itu Mama-Mama Papua dapat membeli barang kebutuhan pokok keluarga dengan harga yang standar, misalnya harga gula di luaran sana dibeli dengan harga Rp 20 ribu/Kg, tapi Mama-Mama beli lewat koperasi dengan harga Rp 12 ribu/Kg.

“Bantuan ini turun juga berkat dari perjuangan Lenis Kogoya kepada Presiden Jokowi. Bantuan ini bagi seluruh Mama-Mama Papua,” jelasnya.

Ditambahkannya, selain program rumah pangan kita, Presiden Jokowi juga meluncurkan program lain bagi Mama-Mama Papua yakni program keluarga harapan. Yang didalam program ini juga sangat membantu kehidupan Mama-Mama di seluruh Indonesia, seperti penjaminan pendidikan anak, jaminan bagi Mama-Mama lanjut usia, jaminan bagi ibu hamil dan manfaat lainnya.

Ketua Koperasi Perempuan Asli Papua, Margaretha Wally, menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah merealisasikan bantuan ini kepada mereka dan juga berterima kasih kepada Lenis Kogoya atas perjuangannya, yang sudah memperjuangkan nasib Mama-Mama Papua.

“Kami tidak bisa membalas, hanya doa yang bisa kami berikan buat Presiden Jokowi dan Lenis Kogoya,” katanya.

Ditandaskannya, koperasi yang dikelola tersebut sudah tersendat selama 2 tahun ini sejak dibentuk, namun ada harapan baru untuk kebangkitan dan kemandirian dalam mensejahterakan Mama-Mama Papua, karena adanya bantuan dari Presi’den Jokowi.

Sekretaris Koperasi Perempuan Asli Papua, Leti Tokoro, menandaskan, sekian lama Mama-Mama Papua menantikan program semacam ini, yang sasarannya langsung kepada Mama-Mama Papua.

“Jadi keluhan kami sudah dijawab oleh Presiden Jokowi,” tukasnya.

Sekadar untuk diketahui, bantuan pertama di salurkan bagi Mama-Mama Papua yang tergabung dalam Koperasi Perempuan Asli Papua, yang beralamat di Pasar Prahara Sentani, yang saat itu diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Mikro LMA Papua, Wati Kogoya. Bantuan berikutnya disalurkan bagi Mama-Mama Papua di Kota Jayapura.(Nls)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons