oleh

Raperda Tentang Perlindungan Anak Diuji Publik

SENTANI, LODARKOU.COM – Raperda tentang Perlindungan anak yang di susun oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Jayapura Bersama Pusat Studi Wanita Gender Uncen dilakukan uji publik oleh sejumlah pihak.

 

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro dalam sambutannya saat membuka uji publik tersebut mengatakan, perlindungan terhadap anak di Kabupaten Jayapura harus dilakulan mengingat Kabupaten Jayapura sedang di upaya untuk menjadi Kabupaten Layak Anak.

 

Raperda tentang perlindungan anak yang sedang dilakukan uji publik tersebut kedepan setelah menjadi  Perda maka penerapannya harus dilakukan secara konsisten, supaya dapat memberikan efek jerah bagi para pelaku kekerasan terhadap anak.

“Marilah kita bersama berkomitmen untuk menyatakan dukungan terhadap lahirnya Perda perlindungan anak. Sebab, hanya lewat Perda, para pihak dapat menjadikan sebagai payung hukum guna memerangi kekerasan bagi anak,” tandasnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Jayapura, Dra. Maria Banno menuturkan, uji publik terhadap Raperda Perlindungan Anak dilkukan untuk mendapat masukan-masukan dari publik yang kemudian akan menjadi bahan guna perbaikan Raperda tersebut.

 

Dijelaskannya,  Kabupaten Jayapura sesuai dengan komitmen untuk menjadikan sebagai Kabupaten Layak Anak maka harus ada regulasi atau produk hukum yang harus dilahirkkan sebagai alat untuk memberikan perlindungan bagi anak.

 

“Kami berharap supaya, lahirnya Perda Perlindungan Anak nantinya mampu memberikan proteksi terhadap maraknya kasus-kasus kekerasan yang dialami anak-anak,” harapnya.

 

Ditambahkan, setelah usai dilakukan uji publik maka selanjutnya hasil dari uji publik akan di jadikan bahan evalusi sekaligus perbaikan untuk melahirkan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura.(YFT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed